Tips Rumah Hemat Listrik Agar Tagihan Jadi Lebih Ringan

Diposting pada 10 January 2023

Rumah hemat listrik -  Beli rumah untuk keluarga memang hal yang penuh dengan kesan bahagia. Rasanya sudah tenang punya rumah pribadi, keluarga pun pasti bahagia. 

Tentu setelah beli rumah dan dihuni, ada banyak kewajiban yang harus lakukan agar rumah nyaman. Mulai dari bersih-bersih rumah setiap hari. Menyiram tanaman, mencuci pakaian, dan lainnya.

Nah kewajiban kedua tentu saja membayar pengeluaran rumah tangga. Mulai dari bayar tagihan listrik, bayar air, dan biaya lainnya.  Dari semua biaya pengeluaran rumah tangga, yang paling besar biasanya tagihan air dan  listrik.

Soalnya semua peralatan rumah kini mayoritas alat elektronik. Di dapur ada penanak nasi dan blender  yang membutuhkan daya listrik agar bisa berfungsi. 

Kemudian kebutuhan kerja dan belajar seperti komputer jinjing dan ponsel pintar juga membutuhkan aliran listrik agar berfungsi. Ditambah pula dengan mesin cuci. Alhasil pengeluaran listrik tidak bisa dihindari akan naik seiring dengan bertambahnya alat elektronik di rumah. 

Apalagi rumah dengan daya listrik 1300 VA atau lebih tentu biaya untuk bayar listrik sangat tinggi dan tidak disubsidi. Alhasil hal yang pas adalah mengontrol penggunaan alat elektronik di rumah supaya lebih hemat.   

Tips hemat listrik yang efektif

Untuk menekan pengeluaran tagihan listrik maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah cara hemat ini akan berjalan efektif jika semua anggota keluarga kerjasama praktik hemat listrik. 

Berikut beberapa tips hemat listrik yang efektif, untuk menekan tagihan. Yuk simak selengkapnya berikut ini:

Mengontrol penggunaan AC

Di kawasan seperti Bekasi dan Serpong, ada banyak rumah yang menggunakan AC agar rumah lebih dingin. Nah proses penggunaan AC selama 24 jam akan meningkatkan tagihan listrik. 

Oleh karena itu, penggunaan AC ini harus dikontrol alias dikurangi. Pertama, penggunaan AC  harus dibatasi 4 jam saja dalam sehari. 

Kedua, memaksimalkan penggunaan ventilasi rumah. Buka jendela ruangan rumah dan kamar tidur, agar sirkulasi udara lebih lancar. Alhasil rumah tanpa AC pun tetap adem udaranya. 

Nah jika rumah Anda tidak memiliki sistem ventilasi yang bagus maka renovasi dan pasang jendela yang besar. Alhasil rumah lebih adem.

Mencuci baju secara manual

Mencuci baju sekarang dimanjakan dengan penggunaan mesin cuci. Seiring dengan penggunaan mesin cuci maka biaya  tagihan listrik akan membengkak. 

Agar tagihan listrik tidak membengkak, hindari mencuci baju dengan mesin cuci. Usahakan mencuci baju secara manual. Jangan terpaku pada penggunaan mesin cuci melulu. 

Dengan mencuci baju secara manual maka bisa menekan biaya penggunaan listrik. Memang mencuci baju secara manual memakan waktu dan tenaga, tapi toh manfaatnya bisa menekan tagihan biaya listrik. 

Menggunakan Lampu Led

Rumah yang besar tentu membutuhkan banyak lampu agar lebih cerah dan tampak indah. Akan tetapi jangan sembarangan menggunakan lampu.  Soalnya tidak semua lampu hemat listrik. 

Untuk menghemat penggunaan listrik, Anda bisa menggunakan lampu tipe LED. Lampu LED lebih hemat listrik sehingga bisa menekan biaya tagihan. 

Selain menggunakan lampu LED, upayakan juga memasang sistem lampu otomatis. Jadi jam nyala dan mati lampu bisa diatur.  Alhasil tidak ada cerita lupa mematikan lampu. 

Itulah tips singkat rumah hemat listrik, yuk praktikkan sekarang supaya tagihan listrik jadi lebih rendah. Bagi Anda yang belum punya rumah dan ingin memilih rumah di Serpong, segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow