Tips Memilih Rumah Pensiun yang Nyaman dan Aman di Serpong

Diposting pada 02 February 2023

Rumah pensiun – Beli rumah kedua sebagai tempat tinggal masa pensiun harus dari sekarang. Jangan sampai menjelang pensiun baru beli rumah.

Jika menjelang pensiun baru beli rumah maka akan sulit cari rumah terjangkau. Soalnya seiring bertambahnya waktu maka harga rumah ikut naik. Pasalnya harga tanah dan bahan material rumah juga naik. 

Dengan demikian, buat yang mau menikmati masa pensiun dengan tenang dan nyaman yuk beli rumahnya sekarang juga. Mumpung harga rumah belum naik signifikan.  Ditambah lagi, masih banyak rumah yang lokasinya strategis. 

Nah kebanyakan orang mau pensiun dengan memilih Yogyakarta dan Bali sebagai tempat tinggal. Akan tetapi buat yang tidak mau jauh dari keluarga, sebaiknya memilih rumah yang tidak jauh dari rumah keluarga besar atau rumah anak. 

Supaya ketika ada hal yang mendesak, bisa meminta pertolongan anak. Kemudian anak atau keluarga besar bisa memberi perhatian. 

Misalnya ketika sanak saudara dan keluarga besar tinggal di Serpong maka bisa pilih rumah untuk pensiun di kawasan Serpong atau Cisauk. Jadi lebih dekat. 

Toh di Serpong banyak perumahan baru yang menyediakan unit rumah berkualitas dan nyaman dengan dukungan sederet fasilitas.  

Dari pada ke Bali atau Yogyakarta yang jah dari keluarga, mending pilih rumah pensiun di Serpong. Jika liburan keluarga tiba, seperti hari raya, tahun baru, dan lainnya baru wisata bareng ke Bali atau Yogyakarta selama seminggu. 

Ditambah lagi, rumah di Serpong juga harganya masih terjangkau. Beda dengan harga rumah di Bali atau Yogyakarta yang sudah melompat tinggi.  Alhasil biaya untuk beli rumah pensiun jadi lebih ringan alias hemat. 

Nah supaya rumah pensiun memberikan kenyamanan maksimal, berikut tips singkat memilih rumah pensiun di Serpong:

Pilh rumah aman

Pertama pilih rumah yang masuk kawasan aman.  Pastikan lingkungan rumah dijaga oleh satpam selama 24 jam sehingga jauh dari hal-hal negatif seperti pencurian. Jadi aset di rumah pensiun akan selalu aman.

Kemudian pilih rumah yang lingkungannya jauh dari risiko bencana banjir atau tanah longsor. Anda bisa mengajak keluarga untuk cek lingkungan rumah. 

Pastikan lingkungan rumah tidak pernah terkena banjir. Saat musim hujan pun, air di lingkungan perumahan tidak menggenang. 

Di sisi lain, hindari rumah yang rawan longsor. Indikasinya mudah, cukup hindari rumah yang berdiri di atas lahan dengan kemiringan curam. 

Dengan memilih rumah yang aman maka masa pensiun akan aman dan tentram. Alhasil ketika sudah purna tugas  hidup jadi lebih nyaman maksimal. 

Pilih rumah yang dekat fasilitas umum

Kemudian pilih rumah yang lokasinya dekat fasilitas umum. Biasanya masa pensiun lebih lenggang waktunya. Bangun pagi tidak perlu terburu-buru ke kantor dengan mengejar KRL Commuter. 

Mumpung santai jadi menikmati waktu lebih lenggang. Waktu yang kosong bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan santai ke pusat hiburan, perbelanjaan, café, dan lainnya.  Supaya tidak suntuk di rumah. 

Dengan demikian, pilih rumah pensiun yang dekat fasilitas umum supaya aksesibilitas lebih cepat dan hemat. 

Beli rumah secara cash keras

Beli rumah pensiun sebaiknya cash keras. Jika tidak ada dana yang cukup, jangan paksakan untuk KPR. Soalnya Anda memasuki usia yang tidak produktif jadi pendapatan sebaiknya dialokasikan untuk tabungan memasuki usia pensiun. Jadi meski sudah pensiun masih bisa hidup dengan nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan harian sekaligus jajan. 

Jika memaksakan KPR maka harus bayar cicilan setiap bulan dan ini memberatkan usia pensiun. Jadi sebaiknya beli rumah pensiun di Serpong dengan skema cash keras. Untuk mendapatkan rumah pensiun yang bagus dan strategis, segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow