Tips Desain Ruang Kantor di Rumah agar Kerja Lebih Fokus

Diposting pada 23 January 2023

Ruang kantor di rumah - Semenjak tren work from home (WFH) menjadi mainstream untuk menghindari sebaran Covid-19, pola WFH ternyata terus berlangsung hingga sekarang.

Tidak hanya pas Covid-19 lagi di puncak-puncaknya, ketika Covid-19 sudah melandai masih ada karyawan yang kerja dari rumah. 

Tidak hanya pekerja kantoran yang memutuskan WFH, pekerja freelance juga fokus kerja dari rumah. Mengerjakan segala hal dari jam 8 pagi sampai 5 sore supaya dapur tetap mengepul.

Toh kerja dari rumah memang lebih enak. Soalnya tidak perlu pakai pakaian resmi, kemudian tidak perlu lagi pakai transportasi publik atau pribadi menuju kantor. Alhasil hemat biaya, pengeluaran bisa ditekan. 

Di sisi lain, kerja dari rumah kadang sering terdistraksi suasana rumah. Ada anak-anak yang mengajak bermain.

Kemudian karena tidak ada pengawasan langsung akhirnya malas dan tidak bersemangat. Akhirnya kerja dari rumah tidak efektif. Ditambah kurang konsentrasi sehingga pekerjaan lama selesaianya. 

Nah untuk meminimalkan hal-hal negatif yang bikin kerja dari rumah tidak efektif, sebaiknya bangun ruang kantor di rumah.  Jadi siapkan ruangan khusus di dalam rumah untuk aktivitas bekerja. Alhasil ada ruangan bisa meningkatkan fokus kerja. Tidak diganggu anak-anak sehingga kerja jadi lebih lancar. 

Memang dalam membangun ruang kantor di rumah harus keluar biaya. Meliputi bayar gaji untuk tukang, beli material, dan lainnya.  Alhasil harus disiapkan anggarannya terlebih dahulu. 

Berikut desain ruang kantor di rumah yang bakal menambah fokus kerja

Untuk Anda yang mau membangun kantor di dalam rumah, ada beberapa hal yang bisa diimplementasikan. Berikut beberapa desain ruangan yang bisa diterapkan:

Desain kantor minimalis

Ruangan kantor di dalam rumah tidak perlu besar. Cukup desain kantor minimalis yang muat satu meja memanjang dan beberapa kursi. Alhasil ketika Anda bekerja di depan laptop, akan merasakan kenyamanan. Kerja jadi lebih lancar.

Hal yang terpenting upayakan ruangan kantor dalam rumah ada jendelanya. Jadi ruang kantor tidak terlalu sumpek. Meskipun desain minimalis, berkat adanya jendela, sirkulasi udara lebih lancar dan ruangan terasa adem. Kerja pun jadi lebih fokus. 

Adanya jendela juga mendorong bisa hemat listrik. Ruangan kantor tidak perlu pakai AC, pun tetap adem.

Cat dinding berwarna putih

Untuk menambah fokus, pastikan cat ruangan kantor di dalam rumah berwarna putih. Hindari cat yang bikin ruangan terasa lebih petang, seperti warna hitam atau merah. Soalnya bikin mengantuk. 

Dengan warna cat putih maka ruang kantor akan terasa lebih luas. Meskipun ruangan kecil, akan terasa lebih luas ketika warna catnya putih. 

Di samping itu, cat warna putih tidak memecah konsentrasi. Alhasil kerja jadi lebih fokus kemudian pikiran jadi lebih jernih. 

Alhasil, buat Anda yang hendak bikin ruang kantor dalam rumah, upayakan cat dindingnya berwarna putih. 

Toh ketika cat di kemudian hari sudah mengelupas, proses memperbarui cat warna putih lebih mudah dan cepat. 

Gunakan Meja dan Kursi Kayu 

Untuk menghadirkan kesan alami di dalam ruangan kantor, pastikan pasang meja dan kursi berbahan kayu.  Kemudian letakkan hiasan dinding yang berbahan kayu juga sehingga ruangan kantor di dalam rumah lebih nyaman.

Hal yang tidak kalah penting adalah memasang bunga dalam pot di jendela serta meja. Untuk menambah kesan artistic ruangan. 

Tips desain ruang kantor di dalam rumah ini bisa Anda terapkan sekarang juga. Buat yang cari rumah minimalis murah segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow