Tips Agar Rumah di Serpong Terhindar dari Bocor saat Musim Hujan

Diposting pada 03 October 2022

Rumah di Serpong -  Beli rumah memang hal yang luar biasa. Bikin keluarga bahagia dan tentu saja punya aset yang berharga. 

Hal yang tidak kalah luar biasa adalah merawat rumah. Membersihkannya setiap hari, sehingga nyaman untuk dihuni bareng keluarga.

Nah dalam jangka panjang, ada kalanya harus merawat rumah lebih intens. Pasalnya umur bangunan yang sudah lama, kadang menyebabkan beberapa bagiannya retak. 

Seperti genteng, atap, hingga plafon. Hal itu bikin rumah tidak siap menghadapi musim hujan.  Rumah pun mengalami kebocoran saat hujan deras. 

Apalagi hujan turun berlangsung dalam waktu yang lama, bisa jadi sebagian ruangan rumah tergenang oleh air. 

Hal yang paling buruk bisa terjadi akibat air masuk ke dalam rumah. Perabotan yang berbahan kayu, bisa cepat keropos saat terkena air. 

Oleh karena itu, harus melakukan langkah-langkah preventif agar rumah yang sudah berumur bisa siap menghadapi musim penghujan. 

Berikut Tips Agar Rumah di Serpong Terhindar dari Risiko Bocor

Beli rumah di Serpong, Tangerang Selatan adalah hal yang luar biasa. Ada banyak keuntungan beli rumah di Serpong. 

Seperti dekat dengan fasilitas umum dan infrastruktur jalan serta transportasi bagus, jadi hidup bareng keluarga bisa nyaman maksimal. 

Namun saat rumah di Serpong sudah dibeli lebih dari 5 tahun, wajib dicek kondisi semua struktur bangunan rumahnya. 

Jika ada yang sudah rusak, harus cepat-cepat diganti. Mumpung musim hujan belum datang.  Pasalnya jika bagian rumah seperti atap dan genteng rusak, maka rumah berpotensi bocor ketika hujan turun. 

Alhasil rumah jadi tidak nyaman buat tempat tinggal. Nah berikut tips tindakan preventif agar rumah tidak kebocoran saat hujan deras.

Memotong Dahan dan Ranting Pohon Besar Dekat Rumah

Langkah preventif pertama untuk menghindari kebocoran di rumah adalah memotong dahan dan ranting pohon yang berada di samping rumah. 

Hal itu dilakukan agar dahan dan ranting tidak jatuh menimpa genteng dan atap rumah, ketika angin besar berhembus saat musim hujan. 

Jika tidak dipotong maka dahan besar berpotensi mengenai rumah, karena terhempas angin. Hal itu akan memunculkan masalah yang lebih besar. 

Seperti genteng dan atap yang rusak parah, sehingga harus merenovasinya. Biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih tinggi. 

Memeriksa Talang

Talang merupakan bagian konstruksi bangunan rumah yang harus diperiksa menjelang musim hujan tiba.

Talang terletak di bagian atas rumah, berdampingan dengan genteng. Tujuan dipasangnya talang agar air hujan yang jatuh pada genteng tertampung pada talang sehingga air tidak kocar-kacir.

Berkat talang, air hujan bisa mengalir atau jatuh ke tanah dengan lancar. Tidak mrembes ke atap rumah dan plafon. 

Nah agar aliran air dari genteng bisa turun dengan lancar, maka harus periksa kondisi talang. Jika ada daun yang memenuhi talang segera bersihkan.

Pasalnya daun tersebut bisa menghalangi air di talang mengalir dengan lancar atau bisa dibilang terjadi penyumbatan. Alhasil air hujan alirannya jadi kocar-kacir. Bisa bikin teras atau bagian pojok rumah kebocoran. 

Tindakan preventif lainnya adalah melapisi genteng dengan cairan anti bocor. Produk ini banyak dijual di pasaran.

Hal-hal preventif di atas bisa dipraktekkan sekarang juga. Untuk Anda yang belum punya rumah hal di atas bisa jadi wawasan yang bermanfaat. Nah untuk pembelian rumah di Serpong yang terbaik, segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow